Senin 19 Mei 2014, Penjelasan Kitab Risalatul Jami’ah


C
eramah Al habib Ahmad bin Novel Bin Salim bin Jindan

Di Masjid Al Munawar – Pancoran

Senin, 19 Mei 2014

الحمد لله على ما انعم وعلى
ما تكرم اللهم صل وسلم
وبارك وكرم على سيدنا محمد
الحبيب الأعظم وعلى اله
وصحبه وعلى صدقه المنتظم.

Para habaib, para kiyai, hadirin hadirat yang dimuliakan oleh Allah SWT, wabilkhusus guru kita orang tua kita Alhabib Abdurahman bin AbdulQodir Baasurah
yang mudah-mudah mudahan diberikan kesehatan oleh Allah dan Habib Ramzi bin Fuad Al Musawa dan yang lainnya. Al hamdulillah kita bersyukur kepada Allah
Ta’ala atas segala nikmat yang telah Allah berikan kita, nikmat Allah banyak hadirin wal hadirat, engga bisa kita hitung, Allah bilang dalam Al qur’an:

وان تعدوا نعمة الله لا
تحصوها

Kalau kita mau ngitung nikmat yang Allah bakal kita, gak bakal pernah bisa kita ngitung nikmat yang Allah berikan kepada kita, dalam ini ayat Allah gak
bilang وان تعدوا نعم اللهkalau engkau ingin berusaha menghitung
nikma-nikmat Allah dengan …jamak. engga, Allah engga bilang gitu, tapi .نعمة satu nikmat. Kalau kita mau hitung nikmat dari Allah
kita engga bakalan bisa kenapa? Dibawah setiap nikmat terdapat nikmat-nikmat yang sangat banyak yang gak ke hitung jumlahnya, وما
بكم من نعمة فمن الله

segala kenikmatan yang kita rasakan, kebahagiaan, kesenangan, segala kesusahanpun hakikatnya adalah nikmat dari Allah. semua itu sumbernya hanya datang
dari Allah SWT,mudah-mudahan kita dijadikan oleh Allah menjadi hamba-hamba yang mengenal syukur kepada Allah SWT.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT, masih tentang perjalan Isra dan Mi’raj baginda Besar Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa
sallam, perjalanan yang agung, perjalanan yang sangat berkesan untuk Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam. diperjalanan tersebut
banyak hal yang beliau saksikan, kita cerita diperjalanan beliau melihat dan mendengar suara neraka, sebagaimana beliau mendengar, melihat, mencium surga
harumnya dan suara surga, mudah-mudahan kita dijadikan orang surga dan dijauhkan dari api neraka. Karena itu kita selalu diajarin untuk selalu minta sama
Allah SWT agar Allah berikan kepada kita surga dan kita dijauhkan dari api neraka, makanya kalau kita membaca dalam Ratibul Haddad diakhir dari Ratibul
Haddad kita selalu baca اللهم ان نسألك رضاك
والجنة ونعوذ بك من سختك
والنار sebab kesuksesan disitu, ente kira kesuksesan itu ente bisa duduk jadi presiden? Atau jadi wakil presiden? Tidak
wallah, keberhsilan bukan disitu, kursi DPR? Tidak.. keberhasilan bukan disitu, karir yang tinggi? Keberhasilan bukan disitu..! Uang yang yang berlimpah?
Bukan disitu juga..! itu semuanya tanggung jawab bukan kebrhasilan..! Pengikut yang banyak? Itu keberhasilan kesuksesan..? tidak wallah. Dalam peristiwa
Isra wal mi’raj nabi Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam berjumpa dengan para nabi-nabi, hingga Nabi cerita ada nabi-nabi yang punya umat
banyak banget, macam nabiAllah Musa Alaihissalam, beberapa lagi yang punya umat sedikit, beberapa yang nabi Cuma punya pengikut sepuluh orang, gagal
dakwahnya dia? Tidak wallah..! dia berhasil. Beberapa nabi punya pengikut cuma satu doang? Nabi Nuh Alaihissalam 950 tahun berdakwah pengikutnya berapa
banyak? 80 orang gak lebih dari itu. gagal? Gak..Dia berhasil, Allah nyatakan dalam Al Qur’an tentang NabiAllah Ibrahim Alaihissalam, nih kita sekarang
seluru agama besar, kita orang-orang islam sebelum datangnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, agama yang dibawa nabi Musa
dan Nabi Isa Alaihissalam dan para nabi-nabi yang lain tuh pengikut yang begitu banyak Allah menyebutkan semuanya tentang nabi Ibrahim tuh semuannya
agamanya Ibrahim, ملة ابيكم ابراهيم
وثمكم المسلمين من قبل tapi nabi Ibrahim yang
luar biasa itu apa Allah bilang? Allah mencritakan tentang dakwahnya para nabi kemudian disebutkan tentang nabiallah Nuh Alaihissalam yang beriman kepada
beliau hanya 80 orang, terus Allah bilang setelah itu tentang nabiAllah Ibrahim Alaihissalam,. وان من
شيعته لابراهيم إذ جاء ربه
بقلب سليم dan diantara pengikutnya nabi Nuh, siapa? Nabi Ibrahim Alaihissalam.beda zaman ribuan tahun
antara nabi Nuh dengan Nabi Ibrahim, ketika meninggal dunia nabi Nuh pengikutnya cuma 80 orang, tapi lihat… tuh semua yang ada Allah bilang tuh berkah
nabi Ibrahim, nabi Ibrahim jadi begitu beliau adalah pengikutnya nabi Nuh alaihissalam, Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam
dalam perjalanan Isra mi’raj melihat nabi punya pengikut Cuma satu orang, ada lagi nabi-nabi yang lain tidak punya pengikut sama sekali, sendirian. Gagal
total? Gak..! wallah dia berhasil, tau keberhasilan yang sesungguhnya dimana? Allah nyatakan dalam Al Qur’an:

إن الله لا يغير ما بقوم حتى
يغير ما بانفسهم

kita telah berhasil nundukin diri kita untuk Allah, keberhasilan kita disitu. Kita berhasil menghambakan diri kita untuk Allah tuh keberhasilan disitu.
Ketika kita menghambakan diri kepada Allah disitu Allah mencintai kita, dan diselametkan kita dari api neraka dan dimasukan kedalam surga. Makanya Allah
bilang dalam Al Qur’an:

فمن زحزها عن النار وادخل
الجنة فقد فاز

Yang dimasukan oleh Allah kedalam Surga diselamatkan oleh Allah dari api neraka, dia yang diselamatkan oleh Allah, ini ajaran nabi Muhammad Shalallahu
alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, ni iman aqidah yang diajarkan oleh Allah kepada kita,

فمن زحزها عن النار وادخل
الجنة فقد فاز

keberhasilan disitu, harta, jabatan, rumah mewah, semua yang kita banggakan, kendaraan mewah, uang yang berlimpah, pengikut yang banyak, itu semua?

وما الحياة الدنيا الا
متاع الغرورtuh kehidupan dunia hanyalah tipuan belaka, dan banyak yang tertipu. Keberhasilan
disitu didalam penghambaan kepada Allah, hadirin yang dimuliakan oleh Allah, tau gak? Kenapa nabi Muhammad dimuliakan oleh Allah? Shalallahu alaihi wa
aalihi wa shahbihi wa sallam… hingga diberikan ini anugrah yang Agung perjalanan isra wal mi’raj. Tau kenapa? Karena Beliau Rasulullah Shalallahu alaihi
wa aalihi wa shahbihi wa sallam beliau telah menghambakan dirinya kepada Allah SWT. تحقق
بالعبودية makanya dalam peristiwa Isra wal mi’raj Allah gak memanggil nabi Muhammad dengan gelar
orang nabi, seorang nabi utusan, gelar yang tinggi, tapi Allah sebut apa? سبحان الذي
اسرى بنبيه؟ لا، برسوله؟
لا، بحبيبه؟ لا، bahkan Allah pun gak bilang ” Maha Suci Allah yang telah
memperjalankan isra wal mi’rajkan kekasih-Nya..? gak Allah gak bilang seperti itu, tapi Allah sebut بعبده dengan hamba-Nya, itu rahasianya! Ketika Rasul Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam menghambakan dirinya kepada Allah Allah berikan hal yang
macam begini.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah, mudah-mudahan Allah mengangkat guru kita Alhabib Munzir bin Fuad Al Musawa, kita lihat apa yang ada sekarang? Dakwah
beliau, jerih payah beliau, nih buanya. Jasa yang luar biasa, jasa beliau besar banget, mau tahu? Ni semuanya nih adalah buah, bibitnya apa? habib Munzir
dulu naro bibit apa bibitnya? Hingga menghasilkan buah macam begini, manisnya yang luar biasa indahnya, tau gak apa? modal utama yang beliau miliki adalah
penghambaanya kepada Allah, tuh yang beliau punya. Penghambaanya kepada Allah kerendahannya kepada Allah, tunduknya kepada Allah, banyak orang mungkin
mengaku saya adalah hamba Allah, saya tunduk kepada Allah, engga…engga…! itu pengakuan yang harus dibuktikan, dan saya melihat hal yang istimewa dari
guru kita Alhabib Munzir bin Fuad Al Musawa ni dia penghambaanya kepada Allah gak Cuma pengakuan.tapi beliau buktikan, tau buktinya apa? saya nyatakan saya
katakan, kalau kita mau lihat hal yang istimewa dari guru kita Alhabib Munzir banyak banget, tapi dimata saya ada satu yang sangat istimewa, tau apa? yang
sangat istimewa dimata saya yang dimiliki habib Munzir beliau menyerahkan seluru jiwa dan raganya untuk gurunya, seluru jiwa nya raganya untuk gurunya
Alhabib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz, dah ini adalah bagian dari penghambaannya kepada Allah, dan ini adalah bagian dari kecintaannya kepada
baginda Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, kita disini kita punya guru Alhamdulillah, semua orang diantara kita punya harapan,
datangin habib saya pengen lulus ujian saya, habib saya pengen ini pengen itu, berkah, ni semua harapan yang mulia insyallah diqobul ama Allah SWT, kenapa
saya katakan hal ini adalah hal istimewa yang ada dalam diri habib Munzir, ente kalau tanya ama habib Munzir; habib harapan habib dari habib Umar apa?
beliau bakal katakan gak ada gak ada harapan dari habib umar, dari gurunya. Abis apa yang diharapkan? Dia bakal bilang Apa yang guru saya mau tuh yang saya
mau. Apa yang guru saya mau tuh yang saya mau. Gak ada yang lain, walaupun itu mulia tapi saya punya tujuan yang lebih mulia dari semua itu apa yang dia
mau tuh yang saya mau, tuh yang saya cari, inilah bentuk penghambaan kepada Allah. yang diterjemaahkan dengan kecintaan seseorang kepada Rasulullah
Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, yang diterjemaahkan seseorang dengan patuhnya seseorang kepada gurunya. Makanya para ulama bilang
لا يكون مريد مريد الا tidak dianggap seorang murid
menjadi murid dihadapan gurunya melainkan dia dihadapan gurunya كالميت بين يدي
الغاسلseperti mayit dihadapan tukang mandiinnya. Ente liat mayat kalau dimandiin ada dia bergerak-gerak? Kagak ada.
Seorang murid sejati seperti itu. apa yang tukang mandiin mau udah dia diem aja nurut mau diapain aja dia nurut. Ini yang saya lihat yang istimewa dari
guru kita Alhabib Munzir bin Fuad AlMusawa, yang mudah-mudahan Allah angkat derajat beliau, kalu beliau gak punya apa-apa itu sudah cukup buat beliau dunia
dan akhirat, ya Rabb mudah-mudahan Allah kasih keberkahan buat kita dengan berkat beliau

رب فانفعنا ببركتهم
واهدناالحسنا بحرمتهم
وامتنا في طريقتهم ومعافة
من الفتني ini omongan sampai disitu dari mana? Ya dari penghambaan. Allah bilang
سبحان الذي اسرى بعبده makanya saya bilang gelar
yang paling agung yang Allah kasih bakal nabi Muhammad ni dia “Hamba” Allahuakbar… dalam perjalanan tersebut banyak hal yang disaksikan oleh
Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, diantaranya, diperjalan beliau menyaksikan Dajjal, tau namanya dajjal? Namanya sering kita
denger, gak ada fitnah gak ada ujian yang Allah berikan kepada alam semesta dari sejak awal Allah ciptakan ni dunia sampai hari kiamat yang lebih berat
dari fitnahnya dajjal. Dan itu tanda-tandanya mau datangnya hari kiamat yang terbesar tuh dia salah satunya datangnya dajjal. Berat fitanh yang paling
berat tuh dia, fitnah yang paling berat dimuka bumi ini tuh dia,

وصول الدجال bagaimana engga, didalam beberapa riwayat disebutkan, saat itu sebelum datangnya
dajjal terjadi kesudahan yang menimpa umat manusia, hujan gak turun, bumi gak menumbuhkan tumbuhannya, sehingga terjadi kelaperan kesusahan dan lain
sebagainya, ketika orang merasakan kesusahan yang berat, dateng ini dajjal, dia dateng dajjal bawa apa bawa roti bawa makanan, yang mau kemari tapi jangan
beriman dengan Allah, sehingga banyak…banyak..banyak yang terpengaruh sebagaimana Allah nyatakan kepada nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa
shahbihi wa sallam tentang kemenangan yang Allah berikan kepada nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam إذا
جاء نصر الله والفتح.. ورأيت
الناس يدخلون في دين الله
افواجا engakau akan melihat ya Muhammad manusia akan berbondong-bondong masuk kedalam agama Allah, dan diakhir zaman
mudah-mudahan kita gak liat disitu juga dinyatakan manusia akan keluar dari agama Allah dengan berbondong-bondong. Sebagaimana manusia masuk kedalam agama
Allah dengan berbondong-bondong. فتنة المسيح الدجال bersama
dajjal ditangan kanannya ada surga dikirinya ada api neraka, yang iman ama dia dilempar ama dia kesurganya, yang gak percaya ma dia dibuang kenerakanya,
berat, nabi kasih pesan ama kita;dan ini pesan disampaikan dari generasi ke generasi hingga saat ini, nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi
wa sallam bilang: ni pesen wasiat dari Rasulullah bakal ana ma ente dan kita semuanya, setiap inidividu dari kita, kata Rasulullah ” Barang siapa yang
menjumpai saat macam itu, mudah-mudah kita dijaga ama Allah, barang siapa yang menjumpai saat-saat semacam itu, hendaknya kita masuk kedalam nerakanya
dajjal, jangan pernah masuk kedalam surganya dajjal, dan kalau disuru milih, pilih nerakanya dajjal, kenapa? Nerakanya dajjal tuh adalah surga bakal dia,
dan surganya dajjal adalah neraka yang dibuang kesana, naudzubillah. Dan dajjal sudah ada dari sekarang, dan diwaktu yang ditentukan dia bakal nongol bakal
tampil, itu dalam beberapa riwayat disebutkan, banyak ulama menyusun kitab mengumpulkan riwayat-riwayat tentang dajjal dan juga tentang tanda-tanda hari
kiamat, diantaranya kitab yang dikarang oleh Al Imam Al barjanji العشاعة كل
عشرة الساعة tanda-tanda kedatangan hari kiamat, itu disebutin secara terperinci dibahas oleh Al
Imam Al barjanji dan para ulama yang lainnya, diantaranya disebut; bahwasanya tuh dajjal dia sudah ada tinggal nunggu tanggal mainnya aja, dateng waktunya
dia keluar, sebab nabi berjumpa ama dia, dalam perjalanan isra wal mi’raj, nabi cerita bahwasanya beliau Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam
berjumpa dengan dajjal, berjumpa bukan dalam mimpi tapi melihat langsung ketemu, sahabat nanya Ya Rasulullah bagaimana engaku ketika melihat dajjal? Nabi
bilang فلمانيا tuh artinya tinggi besar, kepalanya besar badannya juga besar, badannya putih banget salah satu
dari kedua matanya picak, rambutnya bagaikan ranting pohon, dan tertulis dikening diantara kedua matanya tulisan ك ف ر artinya
كفر dan itu tulisan semua orang lihat, baik yang kafir maupun yang muslim, semua orang waktu liat dan tahu dia itu kafir musuh allah yang
ngaku tuhan, tapi emang fitnah yang berat sebagian besar orang ngikut ama dia, para aulia Allah dalam beberapa riwayat disebutkan itu kabur, lebih memlih
aman dari pada berjumpa dengan ini orang, sehingga dari sebagian mereka pada lari ke gunung-gunung ke goa-goa memilih jauh dari ini dajjal. Kerena berat
tuh para aulia Allah bagaimana kita? Sampai saat itu gak ada makanan gak ada minuman sampai para sahabat nanya Ya Rasulullah apa yang menjadi makanan
mereka yang pada bersembunyi, semua saat itu punya dajjal yang hanya beriman pada dajjal aja yang nikmati, ni para aulia yang pada ngumpet di goa-goa, di
gunung-gunung makanan mereka kata Rasulullah tasbih, tahmid, dan tahlil, tuh makanannya mereka, Ya Rabb mudah-mudahan kita dijaga sama Allah. Dajjal gak
lama didunia ini ketika dia muncul jangka waktunya gak lama Cuma 40 hari doang, tapi dari 40 hari ampir dua pertiga umat manusia ikut sama dia. Dua pertiga
tuh banyak gak sedikit, ampir dua pertiga yang ada didunia ini ikut sama dia, 40 hari dan gak ada tempat dimuka bumi melainkan didatangi oleh dajjal, gak
ada jalan keluar semuanya bakal kena ini fitnah. Gak ada jalan keluar kecuali dua tempat Makkah dan Madinah, dajjal gak bisa masuk ke Makkah dan madinah
dijaga ama malaikat, sampai dalam beberapa riwayat nabi cerita sama sahabatnya, waktu dajjal sudah sampe dipenghujung kota Madinah mau masuk engga bisa
dijaga ama Malaikat, nanti diakhir zaman, sehingga dia berdiri diatas gunung, sebelum masuk kekota Madinah,mau masuk gak bisa dijaga sama malaikat, dia
bilang sama pengikut-pengikutnya sebagian besar Alyahud dan orang-orang jadi pengikutnya; dajjal bilang ama pengikutnya: ما
هذا قسر الأبيض dajjal bilang tuh dari kejauhan istana yang warnanya putih tuh
apaan? Orang-orang yang sama dia bilang ذاك مسجد أحمد tuh masjidnya nabi Muhammad.
Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam…. gak bisa masuk, dia menjerit dengan jeritan yang sangat kuat sehingga keluarn orang-orang yang ada di
Madinah dengan pancingannya dia, disini ulama bilang salah satu mukjzat Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam ketika beliau cerita
kepada sahabatnya beliau cerita, dajjal nanya tuh istana yang putih terang itu punya siapa? Itu adalah masjidnya Ahmad katanya, nabi waktu ngomong sama
sahabatnya Masjidnya emang udah kayak begini? Masjidnya masih berupa batang pelapah kurma, tanah, masih lebih besar masjid Al Munawar daripada Masjidnya
nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, dari kejauhan gak kelihatan, nabi waktu bilang cerita begini, sekarang kita yang pada
pergi haji pergi umrah ketika mau masuk kekota Madinah tuh pusat Masjid Nabawi masih sepuh kilo meter masih dua belas kilo meter lagi dari kejauhan udah
kelihatan, tanya ama yang pada pergi umrah dari jauh orang ketika melihat masjid Rasulullah sekarang dia bakal lihat apa? istana yang terang warnanya
putih. Dari kejauhan seperti itu. ente lihat dari kejauhan terang putih, tapi kalo ente liat dari kedekatan temboknya masjid Nabawi gak putih Cuma dari
kejauhan terang putih, seperti yang disebutkan oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, bagaikan istana yang terang putih.
ذاك مسجد أحمد itu masjidnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa
sallam, udah disebut ama nabi tuh artinya apa? keliatannya sudah dekat waktunya, 1400 tahun yang lalu gak begini masjid Rasulullah, sekarang sudah begini.
Mudah-mudahan Allah jaga kita, nabi ngelihat tuh dajjal dengan bentuknya terus nabi bilang kurng lebih ni dajjal mukanya mirip siapa tau? Nabi ampe sebut
begitu, disebutشبهه بعبدالعزى بن دكر satu orang
dari kalangan Qurais yang meninggal dizaman jahiliyah namanya عبد العزى بن
دكر Cuma gak enak tuh orang, mirip ama dajjal, Cuma nabi ngasih perumpamaan kurang lebih mukanya sama seperti dia. Terus diperjalanan
nabi melihat tiang dari cahaya yang terang benderang bagaikan permata yang berkilau, lagi dibawa dipikul oleh para malaikat dan ketika nabi bertanya apa
yang kalian bawa? يجرى عمودالاسلام ini adalah tiangnya islam,
kalain mau bawa kemana? Kami akan menancapkannya dinegeri Syam katanya para malaikat, makanya kalau kita liat sebagian besar ulama-ulama kaum muslimin ahli
sunnah wal jamaah dari situ, di Syam, Al imam AnNawawi, wa Imam subqi, wa imam Qais bin abdussalam, wa imam fulan-fulan gak ke itung, sampai nabi doakan
itu negeri Syam اللهم بارك لنا في شامنا
ويماننا ya Allah berikan keberkahan untuk kota Syam kami dan kota Yaman kami, satu orang dari sahabatnya nabi
bertanya kalo Najed gmn? Nabi gak do’ain. Nabi bilang keberkahan ada di Syam dan di Yaman, sahabat nanya lagi Najed gimana? Sampai tiga kali sahabat
bertanya seperti itu, udah ditanya tiga kali nabi baru menjawab Dari situ bakal timbul Tanduk Syaton, dan dari itu bakal timbul fitnah dan berbagai macam
kehancuran dari situ , terbukti kebenaran Rasululllah kita sudah lihat itu fitnah, diperjalanan AnNabi Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam
dipanggil dari sebelah kanannya Ya Muhammad kemari…. kemari……. gak diladeni ama nabi. Udah jalan nabi, udah begitu nabi nanya siapa yang manggil ana?
Ya Muhammad itu adalah seruan dari orang yahudi kalau enggau menjawab panggilannya dikwatirkan kelak umat Mu akan menjadi yahudi semuanya, tapi bagus ente
gak jawab panggilannya dia, رعاية من الله bimbingan dari Allah untuk nabi Muhammad
Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, perjalan denger lagi dari sebelah kiri Ya Muhammad sini..sini… gak diladeni ama nabi..nabi lanjut
terus, nabi tanya siapa tuh? Itu seruan Nasrani kalau engkau jawab panggilannya umatmu bakal jadi Nasrani semuanya, tapi bagus engkau gak jawab bimbingan
dari Allah, ditengah jalan ada seorang wanita berpakaian tapi lengan nya kebuka terus dihiasi dengan berbagai macam perhiasan dan ini perempuan manggil
nabi Muhammad; Ya Muhammad kemari…dan lagi ama nabi ditinggalin, terus abis itu Rasul nanya Ya Jibril siapa dia? Jibril bilang tuh Muhammad itu
dunia, luarnya bagus tapi hakikatnya apa? Dalam perjalanan itu juga nabi melihat nenek-nenek tua udah kriput cumin pake tutupam, nah tutupan luarnya
gemerlap cakep, pake gelang pake ini itu cakep..begitu dibuka nenek-nenek tua jelek. Nabi bertanya Ya Jibril ini apa? Tuh dunia luarnya cakep dalemnya
keriput, dan kata Jibril gak tersisa dari umur dunia melainkan hanya seperti ni umur nenek tua kata Jibril, semua yang ngejar-ngejar dunia ni hakekatnya
seperti ni ngejar-ngejar nenek tua, yang keriput yang jelek, tukang bunuh lagi, berapa banyak udeh yang jadi korban dunia,
تنافسوها وأعطوها
قوالبهم مع القلوب فيا لله
من عجب berapa banyak padahal dunia hina dimata Allah, lebih hina dari sayap nyamuk, terus adalagi diperjalanan orang tua
manggil Ya Muhammad…sini-sini, gak diladeni ama Rasulullah, nabi gak lihat malah terusin jalan, jibril bilang ya Muhammad tinggalin dia, nabi jalan,
nabi nanya ama Jibril siapa dia? Tau gak siap dia? Ini adalah musuh Allah yang namanya Iblis, dia panggil ente supaya ente mau nurut ama dia
dibelakanggnya, kemudian diperjalanan nabi berjumpa dengan sekelompok manusia yang terang-terang wajah mereka, sehingga ni orang-orang yang terang wajahnya
menyambut kedatangan Rasulullah, sambil mengatakan السلام عليك يا
آخر السلام عليك يا عاشر. kedamaian untuk
mu wahai nabi yang terakhir, wahai عاشر julukannnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, mereka
semuanya gembira dan menyambut kedatangannya Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, maka jibril bilang: Jawab panggilan mereka ya
Muhammad…! Gak lama datang lagi sekelompok yang lain ngucapin salam lagi ama Rasulullah, kelompok yang ketiga juga begitu, dan dijawaqb semuanya
mereka menyambut kedatangan Rasulullah, terus jibril bilang Ya Muhammad tau gak siapa mereka itu? Iya siapa ya Jibril? mereka adalah para nabi-nabi Allah,
nabi Ibrahim, nabiallah musa, terus yang barusan nabi Isa dan nabi-nabi yang lainnya menyambut kedatangan Mu ya Rasulullah, seperti saya ceritakan lewat
dikuburannya nabiallah Musa didapetin nabiallah Musa lagi shalat diatas kuburannya, nabi Musa tinggi besar, rambutnya lurus, warna kulitnya kayak kita
orang Indonesia أسمر tapi ini ceratanya aja mudah-mudahan kita dimuliakan Allah bisa berjumpa ngeliat nabiallah Musa Alaihissalam,
Cuma nabiallah Musa tuh orangnnya tegas, tegas banget gak pandang bulu, gak suka basa basi ama orang, jangan ama orang ama tuhannya gak basa basi,
teges…dalam munajat ceplas-ceplos dan tegas, dalam munajatnya ampe nabi Muhammad heran, begitu nabi Muhammad lewati kuburan nabi Musa lagi dapetin
nabi Musa lagi shalat dan bermunajat diatas kuburannnya kepada Allah dengan suara lantang tega seperti orang marah: إن
أعرب أكرمته وحبلته Ya Allah Engkau muliakan dia, Engkau
agungkan dia, Engkau berikan anugrah kepadanya, tuh munajatnya nabiallah Musa, dikala itu nabi Muhammad dating ngucapin salam kepada nabi Musa: dijawab
salamnya, nabi Musa bertanya kepad Jibril siapa yang bersama mu? In adalah Muhammad, kaget nabi Musa tau-taunya yang dia sebut-sebut dalam munajatnya ada
dihadapannya nabiallah Musa, ….Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, maka tau begitu nabi Musa bilang
مرحبا بالنبي العربي الذي
نصحى بأمته selamat datang wahai nabi dari bangsa arab, yang telah memberikan nasihat kepada umatnya,
kata nabi Musa dengan pujian yang sangat luart biasa terus di doain ama nabi Musa, terus nabi Musa pesen ama nabi Muhammad Ya Muhammad Engkau ini malam
bakal daoet anugrah besar dari tuhanmu kalau engkau minta satu permintaan kepada Tuhan mu minta kemudahan untuk umat mu, kata nabi Musa, kita berutang sama
nabi Musa, beruyang banget terus lanjut perjalannan Rasulullah begitu lanjut nabi nanya yang barusan siapa? Ente tau siapa dia? Dia adalah nabi Musa bin
Imran, nabi kaget denger nama tersebut, Nabiallah Musa? tapi kenapa dia waktu munajat dengan suara lantang begitu? Lagi marah-marah ama siapa? Bahasa
kitanya begitu, من يعادب jibril bilang dia lagi bicara lantang kepada tuhannya, dia anggkat suara kantang
tersebut kepada tuhannya? Jibril belang ketahuilah ya Muhammad إن الله تعالى
قد عرفت له حجته Allah sudah kenal kepada nabi Musa bagaimana modelnya dia, udah
dimaklumin ama Allah, ya bagaimana engga dia nabi Musa adalah hamba yang disayang sama Allah, kalau engga ada ayat dalam alqur’an yang menyebut namanya dan
kenyataaannya dan hamper seluruh nabi-nabi yang disebut didalam alqur’an kisahnya paling banyak nabi Musa, tapi kalau gak ada didalam alqur’an nama nabi
Musa dalam al qur’an satu aja Allah bilang ama nabi Musa apa? واسطنعتك لنفسي
Ya Musa engkau ku ciptakan untuk ku Kata Allah, kalau engga ada tuh ayat sudah cukup jadi kebanggaan buat nabi musa disisi Allah, ana bingung ni nabi Musa
waktu denger ni kalimat ni firman dari Allah bagaimana keadaan dia? Allah tuhannnya bilang engkau nih punya ana, bakal ana, ana ciptakan bakal ana, dia
kalau bukan nabi udah ancur, gak kuat denger beginian, bagaimana tuhannya manjain dia, benar kata jibril Allah sudah kenal dengan nabi Musa Alaihissalam,
hamba yang disayang oleh Allah, yang paling berhak kepad nabi Musa bukan yahudi bukan nasrani tapi kita tuh nabinya kita, kekasihnya kita juga kecintaannya
kita juga, kalau bukan karena nabi Musa repotnya kita urusannya bisa shalat lima puluh rakaat tiap hari yang lima waktu saja banyak yang yang ninggalin
tapi kalu gak ada berkat nabi musa waduh repot urusannya kita ni berkat dia bnerkat nabi Musa yang disayang sama Allah kita dikasih keringanan,
Alhamdulillah. Jasanya beliau nabiallah Musa besar banget buat kita, nabi Musa pengen kayak kita, pengan jadi bagian dari umat nabi Muhammad Shalallahu
alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, Cuma gak dikasih sama Allah, gak dikasih, pengan jadi bagian umat nabi Muhammad dia bilang dalam beberapa riwayat
disebutkan dalam kitab sabilul iddikar karyanya Imamul Haddad dalam kitab tersebut menyebutkan tentang kisah ini, nabi Musa bila Ya Rabb jadikan saya
bagian dari umatnya Nabi Muhammad Engkau berikan anugrah bakal umat nabi Muhammad, Allah bilang saya ini sudah muliakan engkau dengan anugrah dengan
kenabian خد ما اتيتك وكن لي شاكرين
ambil yang kami berikan dan jadilah orang yang bersyukur sama Allah, ni anugrah hanya untuk umatnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi
wa sallam, dia tau diri pengen jadi umatnya nabi Muhammad tapi gak bisa makanya dia berikan jasa untuk umat nabi Muhammad ni dia keringanan bakal kita umat
nabi Muhmmad berkat nabi Musa Alaihissalam, Diperjalanan ketemu lagi sama nabi Ibrahim, kok bisa begitu yah? Disambut oleh nabi Ibrahim..ini namanya kalau
bicara jasad ini gak nyambung tapi ini dari awal ini perjalanan sudah tidak ada sangkut paut lagi ama jasad tapi arwah wallah’alam kita gak tau kayak
gimana bukan ana yang rasain bukan ente yang rasain tapi nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam yang rasain, diceritain ama kita
paling sedikit yang bisa dicerna ama akal kita,ibaratnya yang tahu malam penganten Cuma pengantennya doang, yah ana ma ente gak tau yang tau Cuma
pengantennnya aja, ni apa yang nabi Muhammad yang sapein ma kita Cuma sedikit yang bisa kita cerna ampe Allah sendiri ketika menceritakan peristiwa isra
wal mi’raj ringkas dalam satu ayat saja, engga panjang terus Allah mulai tuh ayat dengan سبحان الذي
اسرى بعبده begimana? Udah deh itu urusannya kita bukan urusannya kita, makanya ni perjalanan gak bisa
ditanya kalau ente pengen tanya bisa dicerna ama namanya bukan mu’jizat tapi karena mu’jizat ya kayak begini, kalu kita pengen tahu hakikatnya jadiin kita
orang taqwa jadiin kita punya hati bersih, entar ente tahu dibukaon hijab ama Allah SWT, Cuma ni bukan urusan kita begimana urusannnya haikaknya Cuma Allah
yang tahu, ketemulagi ama nabi Ibrahim, bagaimana nabi Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam dapetin? Nabi melewati satu pohon disitu pohon
rindang luar biasa, kemarin dimasjid Al Makmur saya cerita sedikit tentang kan nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam lewat pohon
nabiallah Musa Alaihissalam, ana namain apa tuh pohon? Pohon cinta namanya. Ni bukan lebay tapi emang bener begimana? Nabi Musa berteduh diitu pohon ketika
berteduh diitu pohon ketemu ama jodohnya bintu nabiallah Syuaib Alaihissalam di madyan, nah itu pohon berkah ampe nabi Muhammad diperintahkan malaikat
jjibril untuk shalat dibawah itu pohon, saya cerita dimasjid Al Makmur bahwasanya saya punya sahabat di Urdun yaitu AdDai ilallah Syaikh Aun Al Qudumi
bilang saya tanya itu pohon masih ada gak? Dia bilang masih ada dan diziarahin ama orang-orang sampe detik ini, Masyaallah umurnya udah lebih dari 3000
tahun tuh, Ya Rabb mudah-mudahan kita diberikan kemudahan oleh Allah bisa shalat dibekas shalatnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa
sallam, amiin. Wa yang belum dapet jodoh insyaallah dikasih jodoh ama Allah, ni diperjalanan nabi lewatin pohon lagi tapi bukan pohon itu, pohon yang
rindang sekali disitu ada satu orang tua lagi duduk sama anak-anaknya dan mereka terang bercahaya ni orang yang tua yang lagi duduk lebih terang bercahaya,
Ya Jibril siapa dia? هذا ابوك إبراهيم عليه
السلامIni adalah ayahmu Nabiallah Ibrahim Alaihissalam, allah…allah…, nabi tuh dari semua nabi-nabi yang ada tau
nabi Muhammad paling sayang ama siapa? Ama nabi Ibrahim Alaihissalam, dari seluruh nabi-nabi yang ada nabi paling sayang ama nabi Ibrahim, saking sayangnya
beliau namakan Ibrahim, terus ketika tahu tuh nabi Ibrahim, nabi Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam langsung nyamperin nabi Ibrahim sambil
ngucapin salam, nabiallah Ibrahim tanya من هذا Ya Jibril siapa dia? هذا إبنك
أحمد ini putramu Ahmad, nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, nabi Ibrahim denger gitu girang banget
مرحبا بالنبي العربي
الأمي selamat datang kepada anakky annabi dari bangsa arab, bangsa yang buta hurup disambut dengan sambut dengan sambutan
yang luar biasa, yang telah sampaikan risalah tuhannya yang telah memberikan nasihat kepada umatnya terus nabi Ibrahim ketika bergembira ya Muhammad wahai
putra ku, kabar gembira untuk mu ni malam engkau akan menghadap kepada Tuhan mu, Allah..Allah,. umat mu umat yang terakhir dan paling lemah, dari semua
umat kalau engkau bisa jadikan sebagian semua harapan besarmu kepada tuhan mu, kalau gak semuanya ya sebagian besarnya jadikan harapan mu hanya untuk umat
mu saja, nabi Ibrahim jasanya besar banget jadikan semua doa mu semua harapan mu bakal umat mu ya Rasulullah, ini malam penganten bakal nabi Muhammad
Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, terus nabi Ibrahim pesan ama nabi Muhammad; diantara pesannya:
يامحمد أقرء أمتك مني
السلام Ya Muhammad sampaikan kepada umat mu salam ku,kata nabiallah Ibrahim alaihissalam, sekarang saya tanya sudah
sampai belum salamnya nabiallah Ibrahim bakal kita? Udah sampe tinggal kita jawab, makanya kita tuh tiap shalat, kita kalau shalawat dalam shalat kita
bilang :

اللهم صل على سيدنا محمد
وعلى آل سيدنا محمد كما
صليت على سيدنا إبراهيم
وعلى آل سيدنا إبراهيم

tuh salamnya nabi Ibrahim kita jawab, trus nabi Ibrahim pesan Ya Muhammad kasih tahu sama Umat mu tuh surga tanah lapangnya luas, perlu ditanamin dan
tanaman bakal tanah surga apa tau bibitnya? سبحان الله والحمد
لله ولا اله الا الله والله
أكبر nah ente tar masuk surga pengen punya tanah kosong apa pengen punya taman yang bagus? Insyaallah smua masuk surga tuh yang
penting masuk surga dulu, yah entar mau ditaman apa dirumah kosong gak penting, yang pentin masuk surga dulu repot kita udah berangan-angan tapi gak bisa
masuk surga, jangan sampe kagak enak, tapi dari sekarang yah kirim bibit kesana, apa bibitnya baca سبحان
الله والحمد لله ولا اله
الا الله والله أكبر yang banyak, ente kalau udah taro bibit
disana insyaallah punya tanah, kalau udah punya tanah insyaallah masuk surga Ya Rabb mudah-mudahan ana ente semuanya pada masuk surganya Allah bersama nabi
Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam, isnyaallah pembahasan kita akan kita bahas lagi dalam pertemuan kita yang akan datang
mudah-mudahan membawa keberkahan bakal kita sekalian, amiin ya rabbal alamiin…

Raih pahala, sebarkan kebaikan..

Comments are closed.